7 Tips Menikmati Singapura Tanpa Keluar Banyak Biaya

Walau berada di kawasan Asia, namun nuansa moderen juga terasa di Singapura. Berbagai hotel dan toko jaringan internasional bisa ditemui dengan mudah di sana.

Jika punya dana yang tak berbatas, tak ada salahnya menikmati kemewahan tersebut, daripada jauh-jauh datang ke Eropa atau Amerika Serikat.

Namun, ada juga cara untuk menikmati Negara Singa tanpa harus keluar banyak biaya.

Dilansir dari situs Tripadvisor, berikut ini ialah beberapa trik untuk berwisata ke Singapura tanpa harus khawatir akan biaya:

7 Tips Menikmati Singapura Tanpa Keluar Banyak Biaya

Singapura
Singapura

1. Manfaatkan Wi-Fi Gratis

Tidak bisa hidup tanpa Google? Selalu ingin mengecek media sosial? Merasa sayang mengeluarkan uang untuk membeli sim card provider di sana? Jangan khawatir, karena ada banyak tempat yang menawarkan jaringan internet tanpa kabel (Wi-Fi) secara gratis di Singapura.

Jaringan McDonalds, Coffee Bean and Tea Leaf, serta perpustakaan umum merupakan beberapa tempat yang memberi kemudahan tersebut.

2. Tiket Penerbangan

Ada banyak maskapai berbiaya murah yang terbang dari Indonesia ke Singapura. Harga tiket yang ditawarkan bisa mencapai Rp300 ribuan untuk sekali jalan.

Walau menggunakan maskapai berbiaya murah, jangan takut untuk merasa tak nyaman, karena jarak perjalanan dari Indonesia ke Singapura kurang lebih hanya 2 jam.

Selalu bandingkan harga tiket antar maskapai atau antar situs pemesanan sebelum membelinya.

Banyak wisatawan yang berpendapat kalau harga tiket menuju Singapura biasanya lebih murah saat dibeli pada pertengahan minggu.

3. Akomodasi dan Transportasi

Tertarik untuk menjelajah Orchard Road? Tak perlu harus menyewa kamar hotel di kawasan perbelanjaan tersebut, karena ada ratusan hotel yang lebih murah, walau berada sedikit jauh dari kawasan tersebut.

Contohnya Hotel Royal, YMCA International House One Orchard Road, YWCA Fort Canning, atau hotel kapsul dengan konsep seperti asrama.

Hotel-hotel tersebut berjarak hanya sekitar beberapa menit ke kawasan Orchard Road.

Walau ada jasa taksi atau Uber, Singapura jauh lebih menarik untuk dijelajahi dengan menggunakan transportasi umumnya.

Gunakanlah kereta Mass Rapid Transit (MRT) atau bus umum dengan tiket berupa EZ-Link atau Nets Flashpay yang bisa diisi ulang melalui gerai minimarket terdekat.

Jika bingung mengenai cara penggunaan kartu tersebut, perhatikan cara para penduduk lokal saat melakukannya.

4. Makan

Ratusan tempat makan tersebar di Singapura, mulai dari yang kaki lima sampai bintang lima. Untuk yang datang dengan biaya terbatas, tempat makan jenis pertama bisa dijadikan pilihan.

Kawasan tempat makan kaki lima yang populer ialah di Newton, Maxwell, Hong Lim dan Chomp Chomp. Sesuaikan menu makan dengan kondisi perut. Bagi yang beragama Islam, jangan lupa untuk selalu bertanya mengenai kehalalan menu yang dijual.

Kalau menginap di hotel yang menyediakan sarapan, jangan malu-malu untuk makan sebanyak-banyaknya sebelum mulai berjalan-jalan. Isi juga botol air minum dengan air yang disediakan secara gratis.

5. Objek Wisata

Sejumlah objek wisata di Singapura tak memungut biaya untuk pengunjungnya, seperti Gunung Faber, Toa Payoh, Tampines, Singapore Botanical Gardens, Marina Barrage atau Sri Mariamman Temple.

Jika sambil ingin berbelanja, silakan datang ke Mal Vivo City untuk menikmati suasana lalu lalang di sana sekaligus pemandangan kawasan Sentosa.

Bisa juga menumpang bus tingkat nomor 143 yang memiliki rute Toa Payoh Bus Interchange, Orchard Road, dan Chinatown.

6. Kehidupan Malam

Bar dan kelab malam di Singapura memang menarik untuk dikunjungi, namun harga tiket masuknya lebih mahal dari yang ada di Jakarta.

Berkeliling di malam hari di kawasan Clarke Quay sampai Boat Quay bisa menjadi kesenangan tersendiri.

Beli camilan untuk teman perjalanan dari minimarket untuk menunggu matahari terbit di Raffles Landing Site.

7. Oleh-oleh

Dana terbatas tak menghalangi diri untuk membeli oleh-oleh untuk kerabat, Belanja berbagai pernak-pernik unik di Chinatown atau Little India untuk mendapatkan harga yang murah, tentu saja setelah menawar dengan ramah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *